7 Cara Meningkatkan SEO Onpage Untuk WordPress

WordPress adalah salah satu CMS ( Content Management system ) yang popular di dunia. Tahun 2012 dilaporkan bahwa setiap 1 dari 6 website menggunakan wordpress.

Banyaknya plugin dan tutorial mengenai wordpress membuat CMS ini sangat digemari dan mudah digunakan.Salah satu hal yang membuat wordpress begitu digemari karena banyaknya plugin untuk SEO dan tutorial mengenai SEO untuk wordpress.

Disini saya akan memberikan sedikit tips dasar yang akan menambah nilai SEO dimata search engine dan menambah nilai dimata pengunjung.

1. Hapus beberapa default wordpess

Setiap kamu menginstall wordpess. Salah satu hal pertama yang kamu lakukan adalah menghapus post “Hello World” dan halaman “sample Page”. Kedua hal tersebut boleh tetap ada jika masih dalam tahap development, namun jika website sudah online maka kedua hal tersebut harus dihapus karena akan membuat website terlihat tidak professional.

Jangan lupa juga untuk mengubah default  kategori “uncategorized” atau kamu bisa ganti dengan kategori lain yang ingin digunakan.

Mengapa hal itu perlu untuk SEO : Halaman sampel dan posting “Hello world” sebenarnya tidak terlalu berpengaruh ke SEO namun lebih ke pengguna / pengunjung website. Tetapi default kategori harus diganti atau dihapus karena setiap artikel kamu akan menjadi “uncategorized”, Kategori adalah salah satu hal yang mempengaruhi SEO

2. Settting Permalinks

Setingan standar permalink di wordpress bukanlah suatu struktur URL yang efisien untuk SEO. Ada baiknya mengubah setingan permalink menjadi Post Name (/%postname%/) agar struktur URL setiap halaman artikel menjadi lebih mudah dibaca oleh search engine dan tentunya meningkatkan SEO.

3. Tambahkan Beberapa Layanan Update / Ping

Ketika kamu membuat suatu artikel atau halaman baru, butuh waktu cukup lama agar halaman atau artikel tersebut di index oleh mesin pencari .Supaya artikel atau halaman baru yang kita buat lebih cepat terindex, wordpess menyediakan layanan update/ping dibagian General settings. Kamu bisa memasukan daftar layanan update / ping tersebut di kolom update services.

Pastikan minimal 4 alamat ini termasuk didalamnya.

4. Ubah Setingan Media/Gambar

WordPress juga menyediakan setingan untuk mengubah atau mengedit gambar thumbnail. Gambar atau thumbnail yang berlebihan baik dari segi ukuran maupun besar data akan membuat kecepatan website berkurang. Padahal salah satu hal yang menjadi tolak ukur SEO adalah kecepatan dari website. Dengan mengubah setingan sesuai kebutuhan akan meningkatkan kecepatan dari website.

Untuk mengubah setingan tersebut. Kamu bisa menuju ke menu Settings-> Media. Atau kamu bisa menggunakan plugin Regenerate Thumnails.

5. Pasang Google Analytics dan Google Webmaster Tools

Gunakan google analitik  agar situs kita selalu termonitor. Dari traffic hingga hal lain seperti halaman error dan halaman dan kata kunci yang terindex oleh google.

Mengapa hal itu bagus untuk SEO : Adanya google analitik akan menyediakan banyak data-data yang berguna dan menolong kita menganalisa tentang mengunjung,jumlah,asal , dan membantu untuk mengimprovisasi kita untuk berusaha meningkatkan kualitas website.

6. Optimasi Artikel/Konten Blog

Artikel yang teroptimasi dengan baik akan bisa lebih bersaing dengan artikel lainnya di mesin pencari dibandingkan artikel yang tidak teroptimasi sama sekali. Optimasi artikel harus dilakukan dengan benar karena jika berlebihan atau salah malah akan membuat artikel yang kita buat terkena pinalti oleh google atau mesin pencari lainnya karena over optimized,atau dengan kata lain terlalu berlebihan dalam mengoptimasinya.

Jika kamu masih pemula dan belum paham cara optimasi artikel yang baik, kamu bisa menambahkan plugin di wordpress kamu. Plugin yang sangat ampuh dalam mengoptimasi artikel diantaranya ada SEO Plugin by Yoast dan All in One SEO Pack.

7. Optimasi Kecepatan Situs

Kecepatan situs menjadi salah satu faktor yang membuat website atau blog kita berada di halaman satu google. Ada beberapa cara untuk membuat kecepatan situs kita bertambah, yang termudah dan paling populer adalah dengan menggunakan plugin W3 Total Cache dan juga Super Cache. Kamu bisa memilih salah satu dari keduanya untuk meningkatkan kecepatan situs atau blog yang kamu miliki.

Dengan menghilangkan dan mengubah beberapa setingan default,permalink, menambahkan layanan pembaruan/ping website,setingan gambar dan media, dan menambahkan google analitik(juga webmaster tools) akan meningkatkan SEO website wordpress yang kamu miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *