6 Distro Linux Terbaik Dengan Tampilan Yang Wah

Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Sistem ini sejajar dengan Windows besutan Microsoft yang lebih banyak dipakai oleh orang. Meskipun demikian, Linux menawarkan kelebihan berupa kecepatan, kehandalan, serta stabilitas yang lebih baik.

Bahkan sistem operasi diklaim lebih murah dibandingkan dengan lawan bisnisnya. Maka tak mengherankan jika Linux mampu menembus perusahaan-perusahaan besar, yang menggunakan sistem operasi ini untuk proses kerja antar karyawannya.

Karena sifatnya yang terbuka, maka banyak pihak ketiga yang ikut membuat sistem operasi Linux ini, terutama untuk user interface-nya. Ada banyak distro Linux, sebutan untuk distributor sistem operasi ini. Namun hanya beberapa di antaranya yang dianggap terbaik dan memiliki tampilan yang wah. Berikut 6 di antaranya.

Distro Linux Terbaik 2020

 1. Linux Mint

Mint merupakan distro Linux yang cukup banyak penggunanya. Mint dibuat dengan mengutamakan kenyamanan, mudah digunakan, namun tetap modern dan elegan. Linux Mint memiliki berbagai kelebihan seperti interface yang menarik dan ramah pengguna, memiliki manager perangkat lunak yang terstruktur, dan memiliki komunitas yang tersebar di mana-mana.

Namun kekurangannya terletak pada langkah-langkah instalasinya, yang disebut cukup membingungkan pengguna.

 2. Ubuntu

Distro Linux satu ini bisa didapatkan dengan mudah karena tersedia dengan bebas, selain itu juga memiliki komunitas yang cukup besar. Pihak Ubuntu mengklaim jika tidak diperlukan biaya untuk instalasi perangkat lunaknya, bahkan bisa diatur sesuai keinginan penggunanya.

Kelebihan Ubuntu terletak pada  sistemnya yang fleksibel, dapat mendukung hampir semua jenis hardware terbaru. Interface-nya memiliki tampilan 3D. Paling penting, para pengguna sangat dimudahkan dalam melakukan migrasi sistem operasi, baik antar Linux atau bahkan dari Windows. Ini bisa dilakukan karena Ubuntu memiliki software imigration tools. Segala kelebihan ini membuat Ubuntu banyak digunakan oleh orang.

 3. Fedora

Bagi yang masih asing dalam menggunakan Linux, maka Fedora bisa menjadi distro pilihan. Sistem Fedora sangat mudah digunakan alias sangat user-friendly. Jadi penggunanya bisa cepat terbiasa meskipun baru pertama kali menggunakan.

Selain itu, Fedora memiliki tampilan yang smooth dan tidak akan terganggu sama sekali jika ada kesalahan dalam proses instalasi aplikasi. Penggunaannya menjadi semakin mudah karena tutorialnya banyak dan tersebar di mana-mana.

Meskipun demikian, Fedora membutuhkan spesifikasi komputer yang besar, karena jika tidak, proses instalasinya akan lambat dan sulit untuk di-upgrade. Namun, Fedora tetap banyak dipilih karena kemudahannya dalam digunakan.

 4. Debian

Sebagai distro Linux, Debian memiliki sistem distribusi yang sangat baik, karena dirilis dalam keadaan stabil. Banyak yang menganjurkan distro ini, karena dikembangkan dengan baik. Kelebihan Debian antara lain konfigurasi serta sistem yang sederhana, sehingga mudah dikelola dan mudah dalam proses instalasi aplikasinya.

Debian sangat terbuka terhadap perubahan, siapapun bisa mendaftar menjadi pengembangnya. Selain itu, Debian juga memiliki tampilan yang menarik dan mudah untuk dioperasikan.

 5. Open Suse
sumber: opensuse .org

Distro Linux ini bisa dibilang memiliki tampilan yang terbaik. Bagaimana tidak, Open Suse memiliki interface yang halus, bersih, dan terkesan mewah. Keunikannya adalah pada tampilan desktopnya yang transparan. Open Suse juga menjadi pilihan yang oke buat para pemula.

Belum lagi distro ini rajin melakukan update secara reguler dan memiliki komunitas yang besar dan sangat berguna. Sayangnya, tampilan OS yang menarik ini harus dibayar dengan kinerja PC yang akan jadi melambat. Karena itu, spesifikasi PC harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

 6. CentOS

CentOS merupakan singkatan dari Community ENTerprise Operating System. Distro ini memiliki tampilan minimalis yang bersih namun tetap menarik dan elegan. Selain itu, para penggunanya bisa mendapatkannya secara gratis.

CentOS menawarkan siklus dukungan setiap 5 tahun sekali. Selain itu, program juga berjalan secara stabil, karena memiliki kompatibilitas yang tinggi, juga menawarkan integrasi perangkat lunak yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *