8 Tips Memilih Webhosting Berkualitas dan Terjangkau (Rekomendasi)

Mungkin ada beberapa dari teman-teman semua yang pernah mengalami website atau blog sering down tiba-tiba, atau ketika kamu ingin bertanya mengenai teknis tetapi layanan support sangat sulit dihubungi.

Atau bahkan lebih buruk lagi kamu disuspend/stop layanan secara sepihak tanpa diberi backup data website. Tentunya kesel banget tuh rasanya kan ya. Rasa-rasanya pengen nonjok si yang punya hosting.. yahh ga gitu juga sih (^^’)

Saya pun dulu pernah merasakan hal tersebut, apalagi dulu memang saya tidak terlalu tahu banyak mengenai web hosting, jadinya asal murah dan menjanjikan kapasitas besar, ya saya coba saja.

Dan ternyata hasilnya bener-bener “bapuk” alias buruk alias nyesel, mulai dari hosting yang sering banget down, support ticket yang lama balasnya, dan banyak lagi.

Karena tidak menginginkan hal tersebut terjadi terus menerus terutama buat kamu nih yang baru mau membuat website atau blog dengan hosting berbayar, maka saya mencari dari berbagai sumber dan juga tentunya dari pengalaman saya sendiri setelah mencoba beberapa webhosting baik luar maupun lokal tentang tips memilih webhosting berkualitas yang baik untuk website atau blog kita.

Buat kamu yang saat ini sedang bingung mencari webhosting, berikut ini adalah tips memilih webhosting terbaik yang saya kumpulan dan satukan dari pengalaman saya setelah mencoba beberapa webhosting (luar dan dalam negeri), juga info-info dari forum, situs review, dan berbagai sumber lainnya.

Tips Memilih Web Hosting Terbaik dan Berkualitas di 2020

Layanan Kustomer Servis Mudah dan support 24 jam

Tips memilih webhosting berkualitas dan terbaik yang pertama adalah penyedia layanan tersebut harus memiliki support 24 jam dan mudah untuk dihubungi.

Walaupun mungkin sulit menemukan layanan yang support 24 jam namun ada baiknya mencari webhosting yang memberikan pelayanan yang baik, sangat mudah untuk dihubungi dan responsive, baik itu dengan via telepon langsung, chat, ataupun dengan submit ticket.

Beberapa layanan yang terkenal cukup baik dalam hal ini adalah Hawhost, Bluehost dan Hostgator sedangkan untuk lokalan ada Masterweb, Niagahoster dan saat ini juga ada Dewaweb yang memberikan pelayanan support bahkan dihari libur sekalipun.

Servis atau pelayanan sangat penting untuk kita pertimbangkan untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak kita inginkan di masa depan. Mencegah tentunya lebih baik bukan daripada mengobati.

Berbentuk Perusahaan

Banyak juga penyedia jasa webhosting yang berupa personal ataupun reseller dari penyedia hosting besar.

Saya tidak mengatakan bahwa mendaftar ke jasa layanan tersebut kurang baik, namun website hosting yang berbadan usaha akan lebih bisa menghilangkan kekhawatiran kita jika tiba-tiba website hosting berhenti beroperasi karena sang pemilik personal atau reseller tiba-tiba berhenti, bangkrut, atau yang lebih parah langsung menghilang begitu saja.

Sebaiknya pilih hosting yang memang berupa perusahaan atau memiliki badan usaha yang jelas.

Ada cukup banyak contohnya, untuk penyedia yang ada di Indonesia seperti rumahweb dan idcloudhost yang memiliki kantor di wilayah jakarta selatan. Atau ada juga jogjahost yang berdomisili di daerah Sleman, Yogyakarta.

Sudah Lama Berdiri (Established)

Perusahaan yang telah berdiri lama tentunya bisa dianggap perusahaan yang sehat dan telah melewati banyak rintangan untuk bisa survive di dunia internet yang bisa dibilang cukup keras.

Jadi adanya baiknya juga kita memilih webhosting yang sudah stabil dan sudah lama berdiri. Setidaknya penyedia layanan webhosting tersebut sudah berdiri lebih dari 5 tahun lamanya. Semakin lama tentunya semakin baik.

Pilih yang sudah lama berdiri (lebih dari 5 tahun)

Webhosting yang sudah lama berdiri pasti lebih berpengalaman dalam melayani dan mengatasi masalah-masalah yang timbul. Dan biasanya mereka juga memiliki resource dan financial yang lebih besar.

Unlimited Bandwidth dan High PERFORMANCE CPU

Bisa dibilang memang hampir tidak ada yang unlimited dalam web hosting terutama untuk shared hosting, karena tentunya tetap ada batasan tertentu yang tidak diberitahukan ke penggunanya.

Namun beberapa pelayanan hosting ‘hampir’ benar-benar memberikan unlimited bandwidth alias bisa dipakai tanpa khawatir di suspend karena kelebihan beban.

Seperti beberapa web saya atau kawan saya yang masih menggunakan shared hosting tanpa terkena suspend dan masih kuat berjalan walau dengan trafik yang hampir puluhan ribu.

Beberapa contohnya adalah web hosting Bluehost.com dan hawkhost.com untuk situs luar negeri. Kalau web dalam negeri seperti niagahoster.co.id atau masterweb.com.

Website yang saya sebut diatas memberikan unlimited bandwidth dan juga unlimited resource seperti SSD, email, add-on domain dan masih banyak lagi.

Selain itu biasanya kita juga memdapatkan gratis 1 domain selama 1 tahun saat registrasi paket hosting. Dan biasanya juga, harga yang ditawarkan akan semakin murah jika kita membeli paket langsung dengan rentan waktu yang lebih panjang ( 1 tahun, 2 tahun dst).

Unlimited Email dan Add-on/sub Domain

Penyedia webhosting yang menyediakan unlimited domain atau add-on domain yang banyak tentunya memberikan nilai tambah. Jadinya kita tidak perlu repot-repot lagi mencari atau menggunakan webhosting lain untuk domain yang berbeda. Apalagi kalo kita punya lumayan banyak domain.

Selain itu suatu perusahaan atau buat kamu yang bikin web untuk sekolah dan organisasi terkadang membutuhkan banyak email baik untuk karyawan atau untuk hal-hal lain.

Ada baiknya juga mencari webhosting yang memberikan layanan gratis unlimited Email dan add-on/sub domain untuk penambahan domain. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan kamu dan lebih menghemat budget.

Server Stabil, Cepat, dan Jarang Down

Pastikan webhosting kamu menyediakan banyak server dan backup server. Kebanyakan perusahaan webhosting besar memiliki banyak server dibeberapa Negara. Kamu bisa memilih lokasi yang sesuai atau terdekat dengan lokasi kamu.

Contohnya jika kamu membuat website bahasa inggris dan menargetkan daerah US atau Amerika, maka pilih lokasi server seperti di Texas, Los Angeles, atau di Detroit. Yang pasti sesuai dengan negara (lokasi terdekat) yang kamu target.

Selain itu kecepatan juga sangat penting, karena kalau web ga cepat dan stabil pastinya pengaruh banget ke SEO dan juga ke pengunjung website kita. Paling baik adalah webhosting yang uptime nya diatas 99.9% alias hampir tidak pernah down sama sekali.

Beberapa orang sudah banyak yang melakukan komparasi dan berikut beberapa contoh yang memiliki uptime diatas 99% berdasarkan website hostingfacts dan codeinwp.

HOSTUPTIME (%)SUPPORTRATING
BLUEHOST99,994.34.7
HAWKHOST99,983.74.5
SITEGROUND99,994.74.8
DREAMHOST99.864.04.3
GODADDY99,003.54.0
HOSTINGER99,974.04.1
INMOTION99,994.24.3
GREENGEEKS99,993.53.9
WPENGINE99,974.64.6
HOSTGATOR99,854.64,1

Website Hosting Mudah di Akses

Apa jadinya jika website atau blog kamu tiba-tiba down, dan saat kamu ingin menanyakan hal ini ke penyedia hosting ternyata website mereka juga down atau sulit diakses.

Jika sudah begini lebih baik segera pindah hosting yang lebih baik. Daripada visitor kamu menurun tentu lebih mengkhawatirkan bukan ?

Tetapi, sebelumnya pastikan juga internet kamu bagus dan tidak menggunakan ip yang bermasalah, karena beberapa penyedia layanan hosting memblokir beberapa IP publik yang diduga bermasalah karena hal-hal tertentu atau karena dugaan tindak kriminal.

Harga yang Terjangkau

Tips memilih webhosting terbaik selanjutnya adalah mengenai harga. Nah, ini bisa dibilang salah satu yang terpenting nih, terutama jika budget yang kita miliki terbatas. Harga yang terjangkau menjadi hal terakhir dalam tips memilih web hosting yang saya ingin share ke kamu.

Boleh jadi kita memang ingin web hosting yang murah dan mempunyai layanan yang “super”. Namun sobat harus hati-hati jangan sampai tergoda hanya karena harga yang murah. Seperti pengalaman saya dulu yang tergoda dengan web hosting luar dengan biaya hanya sekitar $6 per tahun.

Awalnya sih enak dan cepat, namun lama-lama jadi sering down dan lama supportnya. Akhirnya saya putuskan untuk pindah saja daripada web saya kayak hidup segan matipun sulit. Hiks..

Harga emang ga pernah bohong sobat, tentunya dengan harga yang sesuai kita akan mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal. Tetapi tenang aja, sekarang ini sudah cukup banyak webhosting yang harganya semakin terjangkau.

Hal tersebut tidak lepas dari persaingan yang makin tinggi dan makin banyaknya layanan web hosting saat ini.

Harga hosting saat ini berada di range $30-$100 pertahunnya untuk shared hosting, dan bisa lebih mahal untuk vps atau dedicated server. Trik ampuh biar lebih murah yaitu bisa dengan menunggu saat ada kupon diskon atau saat hari-hari besar biar ada diskon yang lumayan besar. 

Selain itu dengan membeli paket hosting langsung secara tahunan, kamu juga akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Beberapa Rekomendasi Webhosting

Setelah membahas mengenai tips memilih webhosting terbaik dan berkualitas, kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi penyedia layanan webhosting yang menurut saya layak untuk kamu coba.

Berikut ini adalah beberapa webhosting yang saya rekomendasikan, tentunya sesuai dengan tips-tips yang sudah saya jabarkan diatas ya.

Webhosting Luar Negeri

  • Hostgator.com
  • Bluehost.com
  • Hawkhost.com
  • Godaddy.com
  • Siteground

Bluehost.com

Untuk ukuran web hosting luar, pilihan pertama saya jatuh ke bluehost.com, kenapa? Yang pertama adalah karena hampir semua hal diatas dimiliki oleh penyedia layanan webhosting yang satu ini.

Kelemahan atau kekurangan dari webhosting ini bisa dibilang diharganya yang lumayan buat kantong, terutama yang masih baru terjun ke dunia website. Harga untuk shared hosting sekitar $3-$13 perbulan, tergantung dari jenis paket apa yang kamu pilih.

Harga yang sebenarnya masih wajar dan ga jauh beda juga dengan kebanyakan web hosting lainnya. Saran saya pilihlah paket PLUS karena kalau pilih paket BASIC hanya bisa untuk satu nama domain saja.

Buat kamu yang memang berniat serius ingin membuat website yang tangguh, cepat, dan tanpa problem, bluehost sangat-sangat saya rekomendasikan buat kamu.

Cek harga sama diskon DISINI

Hawkhost Webhoting

Nah, buat kamu yang merasa hosting bluehost masih agak kemahalan, jasa yang satu ini bisa jadi alternatif paling baik buat kamu. Terutama buat kamu yang masih pemula dan belum punya budget yang besar dalam menapaki dunia internet dan website (duh bahasanya :D).

Untuk harga, range-nya ada disekitar $2 untuk yang termurah dan $7 untuk paket paling besar untuk shared hosting. Untuk kualitas, bisa dibilang sebelas dua belas dengan Bluehost, baik dari kapasitas, kecepatan, layanan dan juga kemudahan saat menggunakan jasa layanan hosting tersebut.

Hostgator

Dibandingkan dengan dua jasa hosting diatas, hostgator.com malah bisa dibilang paling mahal diantara keduanya. Akan tetapi hal tersebut tidak mengehentikan orang buat daftar kesana dan hosting ini termasuk sangat populer loh..

Kenapa ya bisa seperti itu? Yang pertama karena hostgator ini emang udah lama banget dan sudah punya nama di dunia webhosting. Selain itu mereka juga dikenal dengan harga yang terjangkau dan sering mengeluarkan diskon yang besar.

Tips dari saya, pilih paket BABY PLAN karena paket tersebut sudah menyediakan hampir semua kebutuhan dasar buat kita dalam membuat website.

Godaddy

GoDaddy (PRNewsFoto/GoDaddy)

Yang keempat ada salah satu perusahaan yang sudah sangat terkenal dan banyak digunakan orang. Banyak produk yang ditawarkan oleh Godaddy, diantaranya ada layanan Domain, Webhosting, Keamanan, Investasi domain dan Pemasaran website.

Selain itu yang membuat website ini terkenal adalah adanya lelang nama domain dimana kamu bisa membeli atau menjual domain kamu dengan harga yang cukup mahal.

Untuk layanan shared hosting nya sendiri cukup bagus dengan harga yang cukup murah. Kamu bisa memilih paket dengan harga terendah sekitar 15 ribu perbulan sampai yang termahal dengan harga sekitar 130 ribu perbulan.

Detail harga bisa kamu cek DISINI.

Uptime mereka juga cukup baik walau berdasarkan pengetesan dari berbagai sumber tidak mencapai 100%. Akan tetapi Godaddy memiliki pelayanan dan produk yang bisa dibilang sangat lengkap bahkan jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Siteground

Dalam beberapa tips memilih webhosting terbaik yang telah kami bahas sebelumnya, penyedia yang satu ini bisa dibilang memiliki semua syarat yang dibutuhkan.

Dari segi desain web, Siteground tergolong sangat simpel dan user-friendly. Untuk pilihan produk ada Web Hosting, Cloud Hosting, Woocommerce Hosting, dan WordPress Hosting.

Untuk harga, kamu bisa mendapatkan harga termurah mulai dari 0,33 dollar perbulan untuk paket terendah. Atau kamu bisa memilih untuk menggunakan paket rekomendasi dengan harga sekitar 11,9 dollar perbulan.

Selanjutnya mari kita lihat rekomendasi untuk webhosting lokal terbaik dalam negeri versi tirtablog.

Webhosting Lokal (Dalam Negeri)

  • MasterWeb
  • Niagahoster
  • Dewaweb
  • Jogjahost
  • Rumahweb

Niagahoster

Salah satu webhosting dalam negeri yang sudah lama malang melintang di internet Indonesia. Perusahaan tersebut sudah berdiri sejak tahun 2013 dan saat ini memiliki pengguna yang cukup banyak.

Walau belum terlalu lama  jika dibandingkan dengan rumahweb.com (yang sudah berdiri sejak 2002), namun perusahaan asal tanah air ini bisa dibilang sudah menyaingi pencapaian dari webhosting Indonesia yang sudah ada sebelumnya.

Saat ini pun saya masih ada website klien yang berada disana, dan pelayanan dari mereka sangat baik dan juga cepat terutama jika ada hal-hal yang tidak saya mengerti atau ingin saya tanyakan segera.

Detail harga dan info diskon bisa cek di Niagahoster.co.id

Masterweb

Selanjutnya ada Masterweb dengan yang mengklaim sebagai penyedia hosting dan domain terbaik di Indonesia saat ini. Di Masterweb kamu bisa mendapatkan layanan webhosting dengan harga mulai dari 20 ribu perbulannya.

Hal yang perlu diperhatikan dari Masterweb adalah mereka menawarkan layanan support selama 24 jam penuh. Selain itu mereka juga memiliki uptime sebesar 99.98%. Cukup menarik mengingat banyak juga penyedia hosting Indonesia yang tidak memiliki uptime sebesar itu.

Banyak juga promo setiap bulannya yang bisa kamu gunakan. Saran saya sebaiknya membeli pada saat ada promo hari raya atau saat black friday atau cyber monday.

Jogjahost

Yang ketiga adalah salah satu penyedia layanan yang sudah lebih dari 10 tahun berdiri dan melayani pengguna web di Indonesia. Jogjahost juga menawarkan layanan bandwidth secara unlimited dan juga unlimited web traffic untuk beberapa paket hostingnya.

Selain itu juga kamu tidak perlu khawatir jika kurang puas atau ingin berhenti karena mereka juga menyediakan garansi 30 hari 100%.

Harga perbulannya mulai dari 14 ribuan untuk yang termurah hingga 60 ribuan untuk paket shared hosting. Untuk uptime sendiri mereka menjanjikan server uptime 99%, dimana hal tersebut sudah dibuktikan. Hal-hal yang membuat website down sementara hanyalah jika ada maintenance dan itu pun biasanya di malam hari.

Dewaweb

Meski tergolong baru, web hosting yang satu ini termasuk yang sangat saya rekomendasikan buat kamu baik yang masih pemula atau yang bosen dan sakit hati dengan hosting lama. Biayanya tergolong murah, yaitu mulai dari 15.000 per bulan untuk paket SCOUT, dan sekitar 102.000 per bulan untuk paket GUARDIAN.

Berlokasi di Kebon Jeruk, jakarta, penyedia layanan yang satu ini sering memberikan promo-promo bahkan juga memberikan hosting gratis terutama untuk non-profit.

Rumahweb

Yang satu ini tentunya ga boleh ketinggalan, apalagi buat kamu yang sudah lama bergelut dengan website dan hosting, pasti setuju kalau rumahweb juga termasuk salah satu webhosting lokal terbaik hingga saat ini.

Ada empat layanan hosting yang bisa kita pilih, yaitu ada Cloud Hosting, WordPress Hosting untuk pengguna CMS WordPress, VPS/Cloud Server dan Shared/Unlimited Hosting. Harga layanan untuk Unlimited Hosting yang paling murah sekitar 25 ribuan untuk paket SEED dan 50 ribuan per bulan untuk paket BLOOM.

Cek disini jika sobat ingin melihat Perbandingan Layanan dan harga Sewa Webhosting secara lebih lengkap.

Hal-hal diatas adalah beberapa tips memilih webhosting berkualitas yang saya gunakan pribadi untuk mencari dan menilai penyedia layanan penyimpanan dan website yang akan saya gunakan. Pastinya bar saya tidak merasa kecewa dikemudian hari karena masalah-masalah yang timbul dari hosting servis yang kita sewa.

Mudah-mudahan tips ini juga dapat membantu teman-teman semua dalam memilih webhosting yang tepat. Dan sekarang waktunya untuk kamu merencanakan website atau bisnis dan mulai “action” dari sekarang.

Jika ada pengalaman atau tambahan mengenai webhosting silakan berbagi di kolom komentar dibawah ini ya..

*Disclaimer: Please note that some of the links above are affiliate links and I will earn a commission if you make a purchase through those links. We have used some of the products and do research for the products listed above and recommend them because they are good, helpful and are companies that trusted.

*Sebagai catatan bahwa beberapa link diatas adalah link afiliasi dimana saya akan mendapatkan komisi jika kamu melakukan pembelian melalui link tersebut. Saya sendiri tentunya sudah melakukan riset dan mencoba sendiri produk tersebut dan merekomendasikannya ke kamu semua berdasarkan riset yang telah dilakukan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *